Cara Mengenal Dan Memahami Kata Kunci/Keyword Pada Blog
Mengenal jenis keyword (kata kunci) pada blog.
Setelah mengetahui dan mengenali apa itu blog serta peluang bisnis dalam blog, maka hal selanjutnya yang saya rasa perlu untuk dibahas adalah tentang kata kunci (keyword).
Jumlah blogger di Indonesia semakin hari terus bertambah, jutaan artikel baru setiap harinya antri untuk menempati halaman pertama Google. Kalau kita tidak pandai melakukan optimasi SEO pada blog dan menentukan jenis keyword yang cocok, maka blog kita akan tereliminasi dari panggung persaingan pegewan google.
Bagi anda yang menginginkan blognya cepat terindeks atau terbaca oleh mesin pencarian pada google, hal yang harus dilakukan adalah menentukan tema, menentukan jenis blog yang akan dikembangkan. Tema yang anda pilih itulah yang nantinya akan dijadikan sebagai kata kunci. Untuk menentukan tema tentu tidak sembarangan, anda perlu melakukan sebuah riset keyword.
Nah pada kesempatan kali ini, saya akan coba mengulas jenis-jenis keyword untuk artikel blog. Tujuan penulisan artikel ini sekedar berbagi informasi dengan sesama blogger pemula yang sedang giat belajar SEO.
Masih bingung juga apa itu keyword? Langsung saja ikuti pembahasan dibawah ini.
Kenapa saya memulai dengan kata “keyword?”, banyak dikalangan blogger yang masih bingung dengan keyword, khususnya para pemula. Keyword yang tidak lain adalah kata kunci dari blog yang anda miliki, yang pada intinya keyword berfungsi untuk menggiring sejumlah website/blog muncul di mesin pencarian saat anda mengetikkan sebuah kata pada mesin pencarian.
Sebagai contoh, anda ingin mencari sebuah tutorial blogger, maka ketika anda mengetikkan kata “tutorial” pada mesin pencarian atau halaman browsing anda, maka akan muncul berbagai situs yang ada hubungannya dengan tutorial.
I. Jenis dan Macam keyword.
Dalam dunia SEO (search engine optimization) dikenal banyak jenis keyword, namun jenis keyword yang paling penting adalah sebagai berikut:
1. Short tail keyword.
Short tail keyword artinya kata kunci pendek yang hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Contoh:
2. Long tail keyword.
Long tail keyword adalah kata kunci yang lebih panjang. Blogger pemula disarankan untuk memilih jenis keyword ini agar dapat menempati halaman pertama google. Kalau sudah mantap kata kunci panjang, nanti bisa membuat kata kunci pendek.
Contoh long tail keyword :
Jenis keyword ini selalu digunakan orang untuk mencari informasi di internet. Keyword abadi adalah kata kunci yang dicari semua orang untuk jangka waktu tidak terbatas karena informasinya selalu akan terus dibutuhkan.
Contohnya adalah:
Jenis keyword ini hanya dicari ketika informasinya sedang populer saat itu.
Contohnya:
Riset keyword pada intinya adalah untuk mengetahui seberapa banyak orang yang melakukan pencarian melalui keyword tersebut, menempatkan blog anda pada posisi teratas, sehingga semakin banyak orang yang mencari maka semakin besar juga peluang bagi anda untuk mendapatkan pengunjung/visitor blog.
III. Membuat Konten yang Berkaitan sama Keyword.
Dengan melakukan riset, minimal anda sudah memiliki gambaran tentang apa yang sedang kita perebutkan. Setelah itu, jangan berhenti akan tetapi lakukan sebuah strategi agar anda menang dalam sebuah pertarungan. “Pertarungan di dunia maya”. Jangan salah arti ya, maksudnya pertarungan adalah berlomba dalam memperebutkan posisi teratas pada pencarian google.
Jangan lupa untuk terus membuat konten yang berkaitan dengan keyword atau kata kunci blog anda dan tentunya jangan pernah menyerah. Menyerah berarti kalah.
Sampai disini dulu tutorialnya, terimakasih dan semoga bermanfaat.
Jumlah blogger di Indonesia semakin hari terus bertambah, jutaan artikel baru setiap harinya antri untuk menempati halaman pertama Google. Kalau kita tidak pandai melakukan optimasi SEO pada blog dan menentukan jenis keyword yang cocok, maka blog kita akan tereliminasi dari panggung persaingan pegewan google.
Bagi anda yang menginginkan blognya cepat terindeks atau terbaca oleh mesin pencarian pada google, hal yang harus dilakukan adalah menentukan tema, menentukan jenis blog yang akan dikembangkan. Tema yang anda pilih itulah yang nantinya akan dijadikan sebagai kata kunci. Untuk menentukan tema tentu tidak sembarangan, anda perlu melakukan sebuah riset keyword.
Nah pada kesempatan kali ini, saya akan coba mengulas jenis-jenis keyword untuk artikel blog. Tujuan penulisan artikel ini sekedar berbagi informasi dengan sesama blogger pemula yang sedang giat belajar SEO.
Masih bingung juga apa itu keyword? Langsung saja ikuti pembahasan dibawah ini.
Kenapa saya memulai dengan kata “keyword?”, banyak dikalangan blogger yang masih bingung dengan keyword, khususnya para pemula. Keyword yang tidak lain adalah kata kunci dari blog yang anda miliki, yang pada intinya keyword berfungsi untuk menggiring sejumlah website/blog muncul di mesin pencarian saat anda mengetikkan sebuah kata pada mesin pencarian.
Sebagai contoh, anda ingin mencari sebuah tutorial blogger, maka ketika anda mengetikkan kata “tutorial” pada mesin pencarian atau halaman browsing anda, maka akan muncul berbagai situs yang ada hubungannya dengan tutorial.
I. Jenis dan Macam keyword.
Dalam dunia SEO (search engine optimization) dikenal banyak jenis keyword, namun jenis keyword yang paling penting adalah sebagai berikut:
1. Short tail keyword.
Short tail keyword artinya kata kunci pendek yang hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Contoh:
- Komputer.
- Website.
- Internet.
- Sepatu.
- Baju murah.
- Notebook.
- dan masih banyak lagi.
2. Long tail keyword.
Long tail keyword adalah kata kunci yang lebih panjang. Blogger pemula disarankan untuk memilih jenis keyword ini agar dapat menempati halaman pertama google. Kalau sudah mantap kata kunci panjang, nanti bisa membuat kata kunci pendek.
Contoh long tail keyword :
- Daftar harga komputer terbaru.
- Cara membuat website gratis.
- Cara akses internet gratis unlimited.
- Tips memilih sepatu gunung.
- Baju murah paling keren.
- Merek notebook paling handal.
- dan masih banyak lagi.
Jenis keyword ini selalu digunakan orang untuk mencari informasi di internet. Keyword abadi adalah kata kunci yang dicari semua orang untuk jangka waktu tidak terbatas karena informasinya selalu akan terus dibutuhkan.
Contohnya adalah:
- Obat sakit gigi paling mujarab.
Jenis keyword ini hanya dicari ketika informasinya sedang populer saat itu.
Contohnya:
- Suara terompet dari langit.
- Beras plastik.
- dan lain sebagainya.
Untuk mengetahui keyword musiman bisa mengikuti perkembangan berita paling heboh di televisi atau melihatnya di Google trends.
II. Seberapa
pentingkah riset keyword pada blog?
Sebelumnya saya perlu bertanya pada anda
“jika anda menjual barang yang tidak begitu dibutuhkan oleh orang, kira-kira
banyak pencarinya atau tidak? Tentu tidak bukan?. Tentunya sebelum anda menjual
barang, anda akan melakukan sebuah penelitian tentang barang atau produk apa
yang sedang ramai dicari orang. Misalnya batu akik, maka anda bias jual batu
akik. Demikian juga halnya dengan keyword.Riset keyword pada intinya adalah untuk mengetahui seberapa banyak orang yang melakukan pencarian melalui keyword tersebut, menempatkan blog anda pada posisi teratas, sehingga semakin banyak orang yang mencari maka semakin besar juga peluang bagi anda untuk mendapatkan pengunjung/visitor blog.
III. Membuat Konten yang Berkaitan sama Keyword.
Dengan melakukan riset, minimal anda sudah memiliki gambaran tentang apa yang sedang kita perebutkan. Setelah itu, jangan berhenti akan tetapi lakukan sebuah strategi agar anda menang dalam sebuah pertarungan. “Pertarungan di dunia maya”. Jangan salah arti ya, maksudnya pertarungan adalah berlomba dalam memperebutkan posisi teratas pada pencarian google.
Jangan lupa untuk terus membuat konten yang berkaitan dengan keyword atau kata kunci blog anda dan tentunya jangan pernah menyerah. Menyerah berarti kalah.
Sampai disini dulu tutorialnya, terimakasih dan semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Cara Mengenal Dan Memahami Kata Kunci/Keyword Pada Blog"
Silahkan Coment Yang Sopan